Tips Menciptakan Rumah Sehat untuk Keluarga

Untuk saat ini tinggal di negara tropis, sudah pasti sering kita alami berbagai macam cuaca yang tidak menentu. Apalagi Kota Jakarta yang kita ketahui memiliki kesibukan dan kepadatan yang luar biasa, dengan hidup sehat merupakan keinginan setiap orang. Dengan hidup sehat yang kita jalani bisa dimulai dari pola hidup sehari-hari, seperti perhatikan pola makanan dan kita bisa melakukan olahraga. Tapi tidak cukup disitu saja, dengan desain rumah sehat menggunakan elemen juga perlu diperhatikan dengan baik. 

Diantara kita pasti akan memilih jalan praktik saat berada di hawa yang panas, dan jalan itu kita menggunakan sebuah AC agar lebih adem dan sejuk. Tapi harus kalian ketahui, jalan pintas yang dipilih ini mempunyai dampak kedepannya. Seperti, meningkatnya biaya listrik dan udara AC juga tidak baik untuk kulit bahkan pernapasan. Lalu, Agen Sbobet apakah ada solusi lain yang bisa kita pakai selain menggunakan AC? oh.. tentu saja ada solusi lain yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan kalian. 

Dengan cara membangun sebuah rumah atau merubah rumah yang sudah anda miliki agar sehat untuk diri dan keluarga anda dirumah. Hidup sehat yang kalian terapkan bukan hanya perihal tentang sirkulasi udara , namun desain rumah secara keseluruhan. Seperti, dekorasi rumah yang dipilih dan saat anda memilih sebuah lampu harus diperhatikan. Disini kita akan membahas tips bagaimana memiliki atau menciptakan rumah yang sehat untuk keluarga, mari kita simak dibawah ini. 

Tips Rumah Sehat untuk Keluarga

Material Rumah yang Ramah Lingkungan

Ini merupakan cara pertama yang harus anda perhatikan, memilih material ramah lingkungan. Tapi seperti apa sih material yang ramah lingkungan? Anda sudah pasti tahu yang nama nya batu bata, ini bisa kalian jadikan sebagai dinding rumah. Dinding rumah menggunakan batu bata dengan tebal 10 cm saja sudah bisa menahan panas sekitar 2 jam lebih, tentu saja ini bisa mengurangi dalam penggunaan sebuah AC pada rumah. 

Sirkulasi Udara dari Jendela atau Lubang Angin

Setiap rumah pasti memiliki sirkulasi udara baik dengan jendela atau lubang angin, ini bisa kita temui di setiap rumah yang memiliki dekorasi minimalis yang menggunakan roster. Dan sirkulasi yang dibuat juga berbagai macam bentuk, ini dibuat dengan semen dan pasir yang dicetak. Saat menggunakan roster ini menjadi solusi rumah yang hemat energi, sebab bisa menyalurkan udara segar.

Air Purifier untuk Kebersihan Udara

Dalam sebuah ruangan dalam rumah, sudah pasti dibutuhkan kesegaran dan kebersihan udara karena ini sangat penting untuk kesehatan diri kita. Bagi kita yang tinggal didaerah memiliki masalah polusi udara, seperti Kota Jakarta. Perlu kita ketahui polusi udara tidak hanya dari masalah asap kendaraan namun juga asap yang ditimbulkan dari aktivitas industri. Tinggal di daerah yang terbilang sejuk juga bisa tercemar polusi udara tersebut, jadi tidak hanya asap dari luar saja yang menimbulkan polusi udara tapi bisa juga kita lihat dari debu rumah, tungau, atau sirkulasi buruk dalam ruangan merupakan penyebab timbulnya penyakit, seperti infeksi saluran pernafasan. 

Desain Kamar Tidur yang Nyaman

Tempat ternyaman pertama dan terakhir setelah melewati berbagai macam aktifitas diluar rumah adalah kamar tidur. Kamar tidur yang kita gunakan untuk beristirahat memang harus dibuat senyaman mungkin, banyak diantara kita sangat betah didalam kamar seharian itu pasti karena desain kamar yang dimiliki sesuai dengan keinginannya dan dibikin senyaman mungkin. Banyak hal yang bisa kita lakukan di dalam kamar, seperti menghilangkan mood untuk berpergian atau melakukan aktivitas pekerjaan dalam kamar. 

Dalam membangun sebuah kamar yang nyaman, memerlukan desain yang harus kita perhatikan. Mulai dari warna warni cat, tata bentuk tempat tidur, bahkan peletakan lemari dan lainnya harus diperhatikan agar terlihat lebih menarik dan nyaman saat berada dalam kamar. Dan tidak hanya itu saja yang harus kalian perhatikan, lampu tidur juga penting untuk mata kalian saat beristirahat selama anda tidur. 

Dekorasi Rumah yang Menyaring Bakteri

Pada setiap ruangan rumah, pasti memiliki yang nama nya tanaman hias yang bisa menyerap atau menyaring bakteri. Tanaman hias organik bisa anda gunakan sebagai penyerap atau pembersih bakteri, yaitu Aloe Vera / Lidah Buaya. Tanaman aloe vera ini dikenal menenangkan dan dapat menyembuhkan bahkan mempunyai manfaat untuk tubuh manusia. Dan tidak hanya Aloe Vera, sebuah pajangan kaktus terbuat dari karton dapat menyaring bakteri di udara. Pada pajangan kaktus terdapat sebuah filter yang bernama Next Made yang dipersembahkan oleh NextMaterial. 

Cat Dinding yang Bebas Bahan Kimia

Saat anda memiliki sebuah rumah, dinding merupakan elemen desain yang dekat dengan kita, sebab dinding mengelilingi semua ruangan. Maka dari itu, penting bagi kita memilih cat yang aman dan bisa menjaga kebersihan dinding, apalagi bagi anda yang memiliki seorang anak kecil. Dalam menciptakan rumah sehat untuk keluarga, pilihlah cat dinding yang tidak menggunakan bahan kimia dan mudah untuk dibersihkan. 

Pencahayaan yang Sehat di Mata dan Tubuh

Dimanapun ruangannya, cahaya dari lampu atau sinar matahari sangatlah penting. Tidak hanya untuk penerangan, cahaya matahari juga menyehatkan dan membantu membunuh bakteri dan kuman. Tapi perlu kalian ketahui cahaya lampu dalam rumah sangat penting bagi kesehatan mata, jadi kalian harus pintar pintar dalam memilih sebuah lampu untuk cahaya dirumah. Kalian bisa memilih lampu LED dan smart lighting, selain baik ini juga bisa menghemat listrik rumah kalian. 

Nuansa Hijau dengan Tanaman Hias

Untuk kalian pecinta tanaman hias, ini bisa kalian gunakan untuk mempercantik sebuah interior rumah dalam ruangan. Bukan hal baru, jika tanaman hias menjadi hal yang menyegarkan untuk suasana ruangan, dan tidak semua tanaman hias yang cantik bisa kalian jadikan hiasan dalam ruangan. Perlu kalian ketahui, ada beberapa tanaman hias yang cocok untuk kalian jadikan sebagai tanaman hias yang menyegarkan. Kalian bisa memilih tanaman hias, seperti sirih gading, lidah mertua, dan aglaonema. Tanaman itu sangat relatif untuk ditempatkan dalam ruangan.

Di atas sebagian tips yang dapat membantu anda dalam menciptakan sebuah rumah yang sehat untuk keluarga, semoga bermanfaat dan bisa kalian praktikan di rumah.